Krisis Kepercayaan Diri & Krisis Pendewasaan Diri




(Yang biasa menjangkiti anak muda dan yang berjiwa muda)

1. Menilai diri anda sendiri "buruk"
Fisik yang kurang sempurna
Contoh: Terlalu gemuk/kurus atau tidak serupawan bintang film pujaan.
Kemampuan yang dimiliki tidak ada yang maksimal, alias "setengah-setengah"
Contoh: Pernah lomba lukis, nulis cerpen horor, mendongeng, atau kisah artikel ilmiah, tapi tidak ada yang menang.
Kedua contoh di atas membuat penilaian atas diri sendiri menjadi buruk, hindari hal semacam itu, lupakan kegagalan atau keburukan, mulai lagi dengan hal baru, dan berkaca/ bercerminlah, lalu katakan pada wujud anda di cermin itu dengan tersenyum dan pandangi bola mata anda dengan berkata "Aku Pasti Bisa".

2. Takut Salah
Sesuatu yang baru, akan "ada" jika ditemukan, jika tidak pernah melakukan sesuatu karena selalu takut salah, maka akan selalu sama saja, anda yang kemarin akan sama dengan anda hari ini, dan akan sama juga dengan anda dimasa mendatang.
Misalnya: Anda ingin lancar berbahasa Inggris, tapi anda malu ngomong karena takut salah.
Ingatlah, orang Indonesia yang tidak lancar berbahasa Inggris akan dimaklumi oleh orang seluruh dunia, karena anda sedari kecil berbahasa Indonesia, kecuali jika anda lahir dan besar di Inggris namun tidak lancar ber cas cis cus, itu yang perlu dipertanyakan.
Maka dari itu kerjakanlah dan temukanlah hal-hal baru, jangan takut salah.

3. Sudah Terlanjur dianggap si "Pintar"
Dilingkungan anda, semua orang mengagumi kelebihan anda sebagai ahli pidato, ahli matematika atau ahli bahasa, dan anda merasa hebat karenanya. Disaat ada event international dengan ketiga kategori itu anda tidak mau ikut sebab takut kalah. Hilangkan perasaan itu, perangi egoisme anda dan bukan menang atau kalah tujuannya. Namun jika anda kalah ingatlah selalu bahwa di atas langit masih ada langit, dan jika anda menang bersikaplah selalu merendah karena "merendah bukan berarti rendah"

4. Mudah Terpengaruh Dengan Pendapat Orang Lain
Orang lain adalah penonton sedangkan anda adalah pemain, penonton bisa ada puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang, sedangkan anda hanyalah satu orang.
Abaikan pendapat terbanyak yang belum tentu baik, namun ambil pendapat yang terbaik saja.
Contoh: Anda pemenang kontes Indonesian idol dan harus siap-siap keliling Indonesia untuk roadshow, disaat yang sama anda mendapatkan beasiswa untuk kuliah kedokteran, tentunya suara terbanyak adalah roadshow indonesian idol, selain terkenal juga medatangkan banyak uang, tapi lihatlah ... akan berapa lama orang mengenal anda sebagai selebritis? Yapi jika pilihan ada jatuh pada kuliah kedokteran, maka seumur hidup anda tetap sebagai dokter.

5. Bersikap Dewasa dan Berfikir Positif
Yang dimaksud dewasa bukan usia namun matang cara berfikir, cari penyelesaian masalah dengan berempati (merasakan yang orang lain rasakan), bukan dengan cara pembenaran diri.
Semua masalah pasti ada hal positif dan negatifnya, maka ambillah yang positifnya saja, maka anda akan lebih percaya diri dan lebih matang menghadapi tuntutan zaman yang semakin tidak bersahabat.
Untuk sahabat pedendang dimanapun berada yang selalu berjiwa muda ... salam hangat penuh cinta dariku 


Semarang, 2 Pebruari 2015, 18.52

Tidak ada komentar: