ANDA ATAU ORANG LAIN YANG AKAN BERHASIL?







Saat anda mengagumi sebuah maha karya orang lain yang bagus, misalnya miliknya Kahlil Gibran dengan Sayap-Sayap Patah yang mendunia itu, maka seharusnya nilai positiflah yang harus anda ambil untuk memotivasi diri anda sendiri.

1. Apa motivasi anda saat memulai?
Anda harus tanyakan pada diri anda sendiri, apa yang membuat anda melakukan ini, (misalnya menulis puisi) maka jawablah dengan jujur motivasinya apa? Apakah iseng, biar dipuji kekasih ataukan pelampiasan? atau ada hal lain?

2. Kegagalan membuat anda ragu
Percayalah bahwa anda tercipta sebagai manusia yang multi talenta, anda bisa melakukan apa yang anda mau, namun ingatlah, bahwa tidak semua kemauan anda akan sesuai harapan anda.
Contoh:
Dalam teori anda membayangkan naik sepeda itu mudah, namun kenyataannya saat mulai belajar naik sepeda anda terjatuh, jika kemudian anda kapok dan takut mencoba lagi maka selamanya anda tidak akan bisa naik sepeda.

3. Masa depan anda ditentukan oleh masa kini
Anda akan menjadi apa atau akan menjadi seperti siapa nantinya, itu tergantung apa yang anda usahakan hari ini.
Contoh: Jika anda ingin menjadi bidan, maka bersekolahlah dijurusan kebidanan, bukan bersekolah di jurusan tata boga. Atau jika anda ingin seperti Kahlil Gibran atau Andrea Hirata maka dimulai dari sekarang, mulailah menulis, tunggu apa lagi!

4. Jangan ratapi kegagalan, tapi ambil hikmahnya
Jika saat ini anda merasa gagal, jangan menjadikan diri anda selesai, terjatuh, tersungkur, lemah tak berdaya atau bahkan mati, tapi ambil hikmah dari setiap kegagalan, evaluasi diri anda sendiri, kenapa bisa gagal? Kurangnya di mana? Apa yang sebaiknya dilakukan? Lalu bangkitlah, coba lagi dan lagi.

5. Jangan pernah menyerah
Jika anda sudah melakukan semua hal yang di atas namun keberhasilan rasanya masih jauh dari diri anda, jangan sekali-kali menyerah, namun yang sebaiknya anda lakukan adalah, belajar lagi, cari guru lagi, buka wawasan lagi, bergaulah dengan orang-oarang yang anda anggap sukses pada bidang yang anda inginkan, lalu bangkit lagi, mencoba lagi, sampai anda bisa!
Ingat, Burung beo saja bisa ucapkan "selamat pagi" setelah dilatih berminggu-minggu
Ingat, cara pembuatan pedang adalah besi yang ditempa oleh bara api yang sangat panas, dan pedang bisa tajam setelah diasah berulang-kali.

6. Selalu berfikiran positif
Siapakah yang ingin sukses? Anda, ataukah orang lain?
Untuk anda semuanya yang ingin sukses, belajar sukses atau yang sudah sukses, salam hangat dariku, semoga selalu bahagia


Semarang, 27 Januari 2015

Tidak ada komentar: