BINATANG ANEH "HARGA DIRI"

Dulu aku sering ngomong kepada kawan ku, bahwa menghadapi persoalan hidup itu harus punya sikap yang kuat, teguh dalam memegang prinsip, karena dengan cara itu kita memiliki harga diri. Terus aku sering diselorohi kawan-kawan ku juga, berapa sih harganya dirimu? hahahaha, iya juga ya

Harga diri itu apa ya maknanya bagi seseorang? sama kah untuk setiap orang? orang sering marah besar karena merasa tidak dihargai oleh orang lain. Bahkan soal harga diri ini tidak jarang menyebabkan orang bunuh-bunuhan. Lalu kalau ada orang yang membunuh karena persoalan harga diri, masihkah dirinya berharga, setelah melakukan pembunuhan yang katanya terpaksa dilakukan karena membela harga diri?

Menyangkut harga diri juga katanya, kalau dikritik atau diberi masukan oleh bawahan atau rakyat langsung menerima. Harusnya menolak, kalau perlu marah, kan kita pemimpinnya, kita yang punya kuasa. Kenapa bawahan yang harus mengatur hidup kita? konon katanya sikap itu juga perlu diperlihatkan untuk menjaga wibawa dan harga diri pimpinan, hehehehe.

Ada orang yang merasa kaya banget, lalu dia menolak untuk bergaul dengan orang-orang biasa (biasa miskin), itu juga karena alasan harga diri katanya. Ada juga orang-orang yang merasa pinter banget, menolak bergaul dengan orang-orang biasa (biasa dianggap bodoh), itu juga demi harga diri, hihihihi.

Binatang harga diri ini memang aneh, sering membuat manusia bertindak dan berperilaku, yang tidak patut dihargai. Untuk menjadi kaya banget, bertindak maling (korupsi). Untuk kelihatan paling pintar, membodohi sesamanya. Bukankah harga diri itu nampak menjadi aneh?

Aneh memang, kita itu sering membicarakan sesuatu yang kita sendiri tidak faham maknanya. Lebih aneh lagi kita juga sering membela sesuatu atau seseorang yang tidak kita fahami keberadaan manfaatnya untuk kita.

Aneh, tiba-tiba saya ingin menulis tentang binatang aneh "Harga Diri"

Tangerang, 22 Pebruari 2014



Tidak ada komentar: